Breaking News

Monday 30 November 2015

Cara Sederhana Memperbaiki Keypad Hp Macet


Cara Sederhana Memperbaiki Keypad Hp Macet


Cara Sederhana Memperbaiki Keypad Hp Macet - Pada dasarnya handphone mempunyai tombol untuk menulis nombor baik yang touch screen atau yang manual, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki keypad handphone yang manual, contoh hp-hp yang ada tombolnya antara lain handphone-handphone terdahulu sebelum datangnya ipad, ipod, android dan hp touch screen lainnya.

Lantas apa solusi yang paling sederhana cara memperbaiki keypad hp macet sebelum ke servis? sebetulnya cara ini hanya berlaku untuk keypad yang hanya satu atau dua tombol saja yang macet, misalnya angka satu, dua, atau angka mana saja yang tidak bisa di pakai. Beda dengan kerusakan yang di karenakan hadware yang rusak, biasanya kalau ada komponen yang rusak, kerusakan ini bisa dilihat dari gejalanya, apabila pada tombol atau keypad, cirinya adalah satu baris tombol tidak bisa digunakan, nah itu sudah jelas dari hadware atau komponen yang berhubungan dengan tombol barisan tersebut, solusinya kalau nggak di ganti paling di jumper.

Tidak jarang tombol hp yang sering kita tekan tiba-tiba macet, bahkan sekeras apapun di tekan tidak bisa digunakan, ingat cara ini hanya berlaku untuk keypad yang macet satu atau dua saja, bukan yang sejajar mati, contoh mati sejajar 1, 2, 3. Itu sudah tidak dapat di perbaiki dengan cara ini.

Back to topik, nah cara ini hanya untuk pertolongan pertama sebelum gejala keypad mati atau merembet ke tombol-tombol yang lainnya. Caranya adalah gampang saja sobat :D

caranya sebagai berikut :
  1. Buka handphone anda dan lepas semua baudnya dan bongkar penutup bagian depannya.Sediakan penghapus yang sering di gunakan anak-anak sekolah.
  2. Buka keypad di bawah keypad ada lapisan, biasanya terbuat dari plastik dan logam melengkung, dan nempel karena memang di lem. Silahkan di copot pelan-pelan.
  3. Setelah terbuka semua silahkan gunakan penghapus tadi untuk membersihkan lapisan PCB yang berwarna kuning tadi dengan penghapus semuanya.
  4.  jangan lupa logam kecing bulat melengkung yang tadi anda buka di bersihkan juga. 


CONTOH GAMBAR :






Nah coba lihat yang saya kasih bulatan merah, itulah yang harus anda bersihkan dengan cara menggosoknya dengan penghapus, tapi mesti di ingat cara ini hanya berlaku pada tombol hp anda macet satu atau dua saja, tidak untuk yang mati berjejer, dalam artian dari 1 sampai 3 atau dari 1 ke bawah 1, 4, 6, *, itu bukan dengan cara di atas karena itu sudah mengenai CPU handphone atau hadware nya yang rusak, jadi intinya cara ini hanya membersihkan kuningan dan logam bulat melengkung dari kotoran karena terlalu lama atau sudah di makan usia. 
Semoga bermanfaat ya sobat blogger....... :D



2 comments:

Designed By